Agatha46’s diary

Berita Paling Terupdate

Kenalan Yuk Dengan Vinyl Si Lantai Kayu

Tidak seperti kebanyakan pelapis lantai lainnya, pelapis lantai yang terbuat dari vinyl tersedia dalam jenis ubin (papan) atau lembaran. Vinyl merupakan jenis pelapis lantai yang relatif paling murah dan motifnya yang mejanjikan, yup ketimbang pelapis lantai lainnya.

Sesuai dengan pengamatan banyak orang di gerai material bangunan, Harga lantai Kayu yang variatif dan murah.  Nah Berikut ini admin merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan lantai vinyl.  
 
1. Permukaan vinyl yang lebih halus ketimbang lantai kayu. Selain itu, karena dilapisi dengan kain atau busa di bagian bawahnya, lantai vinyl pun terasa lebih nyaman ketika dipijak. Kelembutan lantai ini memberikan fleksibilitas dalam pemasangannya.
 
2. Tersedia banyak pilihan. Warna, gaya, corak, apa pun yang Anda inginkan umumnya tersedia. Lantai vinyl pun dirancang meniru material lain, seperti bebatuan atau kayu. Dari jauh, Anda akan sulit melihat perbedaan antara lantai vinyl dengan material aslinya.
 
3. Relatif tahan lama. Beberapa produsen lantai vinyl bahkan mengklaim bahwa produknya mampu bertahan antara 15 hingga 20 tahun. Selain itu, lantai ini juga kuat lantaran mampu menahan kotoran dan menahan air. Perawatannya pun mudah. Anda hanya perlu menyapu dan sesekali mengepelnya untuk memastikan lantai tersebut selalu bersih.
 
Namun Sayangnya, ada beberapa sisi buruk dari lantai kayu vinyl ini, yakni menyangkut material pembuatnya. Vinyl dibuat dengan menggunakan polyvinyl chloride (PVC). PVC mampu melepaskan volatile organic compounds (VOC) ke udara. Bagi orang yang sensitif terhadapnya, tentu hal ini akan sangat berbahaya. Namun, sejak 2010 sudah banyak pabrik yang mulai mengurangi kandungan PVC dalam produk mereka.
 
Kedua, jika Anda memasang lantai vinyl di atas ubin keramik, lantai vinyl, atau material lainnya, pastikan dahulu lapisan pertama tersebut sudah bersih. Jika tidak, perekatnya tidak akan bekerja dengan sempurna dan lebih cepat lepas.
 
Ketiga, karena sifat lantai vinyl yang relatif lembut, lantai ini tidak membahayakan barang-barang elektronik mungil Anda jika terjatuh. Sayangnya, lantai ini justru berada dalam bahaya jika terkena benda tajam. Memindahkan furnitur berat pun berisiko merusak. Padahal, lantai ini relatif sulit diperbaiki. tidak ada pilihan lagi sobat harus menggantinya jika rusak.