Agatha46’s diary

Berita Paling Terupdate

Kini GPS Untuk Mobil Mulai Ditinggalkan Banyak Orang

Peta digital atau sering disingkat (global positioning system/GPS) sudah digunakan oleh orang dengan banyak kendaraan pribadinya. Pada sebagian kendaraan roda empat fitur ini sudah menjadi standar. Namun bagi mobil yang masih belum dilengkapi dengan navigasi, pemilik bisa membeli produk aftermarket yang kini mudah didapatkan.

Saat ini GPS aftermarket ditawarkan dalam dua jenis, yakni GPS tracking dan navigasi. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Dengan GPS tracking, pemilik mobil bisa mengetahui posisi mobil jika sedang digunakan orang lain. Sementara GPS navigasi lebih kepada mencari alamat tujuan.

GPS tracking memiliki banyak kelebihan dibandingkan navigasi. Perangkat digital tersebut bisa menjadi alat keamanan tambahan. Selain mengetahui posisi, GPS tracking juga bisa mengungkap kecepatan bahkan mematikan dari jarak jauh saat mobil dicuri.

Basisnya menggunakan aplikasi dan jaringan internet, bahkan bisa dikontrol dari smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan iOS.

Soal harga, banderol keduanya tak jauh berbeda. Harga GPS Mobil dibanderol Rp1 jutaan, sedangkan GPS tracking Rp1,3 juta hingga Rp1,8 juta.

Keunggulan lain GPS tracking bisa menyadap suara percakapan di kabin. GPS tracking dipasangi kartu SIM layaknya telefon genggam. Dengan menghubungi nomor tersebut, pemilik bisa mendengar suara di dalam kabin dari jarak jauh.

Seiring kebutuhan,GPS tracking kini lebih banyak dicari ketimbang model navigasi. Hal ini sejalan dengan kebutuhan keamanan yang menjadi prioritas para pemilik mobil. Selain itu, fungsi mencari alamat sebenarnya juga sudah tersaji pada aplikasi smartphone.